Product SiteDocumentation Site

10.5. Routing Dinamis

Alat referensi untuk routing dinamis saat ini quagga, dari paket yang dinamai serupa; dulu zebra sampai pengembangan yang terakhir berhenti. Namun, quagga mempertahankan nama-nama program untuk alasan kompatibilitas yang menjelaskan perintah zebra di bawah ini.
Quagga adalah suatu kumpulan daemon yang bekerja sama untuk mendefinisikan tabel routing yang dipakai oleh kernel Linux; setiap protokol routing (terutama BGP, OSPF, dan RIP) menyediakan daemon masing-masing. Daemon zebra mengumpulkan informasi dari daemon-daemon lain dan menangani tabel routing statik yang sesuai. Daemon-daemon lain dikenal sebagai bgpd, ospfd, ospf6d, ripd, ripngd, dan isisd.
Daemon diaktifkan dengan membuat berkas konfigurasi /etc/quagga/daemon.conf , daemon adalah nama dari daemon yang akan digunakan; berkas ini harus dimiliki oleh pengguna dan grup quagga agar skrip /etc/init.d/zebra dapat menjalankan daemon. Paket quagga-core menyediakan contoh konfigurasi pada /usr/share/doc/quagga-core/example/.
Konfigurasi masing-masing daemon ini membutuhkan pengetahuan tentang protokol routing yang bersangkutan. Protokol-protokol ini tidak dapat dijelaskan secara rinci di sini, tetapi quagga-doc memberikan penjelasan yang cukup dalam bentuk sebuah berkas info. Isi yang sama mungkin lebih mudah dibaca dalam bentuk HTML pada situs web Quagga:
Selain itu, sintaks ini sangat dekat dengan konfigurasi antarmuka router standar, dan administrator jaringan akan beradaptasi dengan cepat ke quagga.