Product SiteDocumentation Site

10.6. IPv6

IPv6, penerus IPv4, adalah sebuah versi baru dari protokol IP yang dirancang untuk memperbaiki cacatnya, paling menonjol adalah langkanya alamat IP yang tersedia. Protokol ini menangani layer jaringan; tujuannya adalah untuk menyediakan suatu cara untuk memberi alamat ke mesin-mesin, mengangkut data ke tujuan yang diinginkan, dan untuk menangani fragmentasi data bila diperlukan (dengan kata lain, untuk membelah paket-paket ke dalam penggalan-penggalan dengan suatu ukuran yang bergantung kepada link jaringan yang akan dipakai pada path dan untuk merakit ulang penggalan-penggalan dalam urutan yang sesuai saat kedatangan).
Kernel Debian termasuk penanganan IPv6 di kernel inti (dengan pengecualian beberapa arsitektur yang mengkompilasinya sebagai module bernama ipv6). Perkakas dasar seperti ping dan traceroute memiliki yang setara untuk IPv6 di ping6 dan traceroute6, masing-masing tersedia dalam paket-paket iputils-ping dan iputils-tracepath .
Jaringan IPv6 dikonfigurasi secara mirip dengan IPv4, di /etc/network/interfaces. Tetapi jika Anda ingin jaringan yang akan tersedia secara global, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki router mampu-IPv6 yang meneruskan lalu lintas ke jaringan IPv6 global.

Contoh 10.10. Contoh konfigurasi IPv6

iface eth0 inet6 static
    address 2001:db8:1234:5::1:1/64
    # Disabling auto-configuration
    # autoconf 0
    # The router is auto-configured and has no fixed address
    # (accept_ra 1). If it had:
    # gateway 2001:db8:1234:5::1
Subnet IPv6 biasanya memiliki netmask dari 64 bit. Ini berarti bahwa 264 alamat yang berbeda ada dalam subnet. Hal ini memungkinkan Stateless Address Autoconfiguration (SLAAC) untuk memilih alamat berdasarkan alamat MAC antarmuka jaringan. Secara default, jika SLAAC diaktifkan dalam jaringan dan IPv6 di komputer Anda, kernel akan otomatis menemukan router IPv6 dan mengkonfigurasi antarmuka jaringan.
Perilaku ini mungkin punya implikasi privasi. Bila Anda sering berpindah jaringan, mis. dengan suatu laptop, Anda mungkin tidak ingin alamat MAC menjadi bagian dari alamat IPv6 publik Anda. Hal ini membuat mudah mengidentifikasi peranti yang sama di manapun di jaringan. Suatu solusi untuk ini adalah ekstensi privasi IPv6 (yang secara baku difungsikan oleh Debian bila konektivitas IPv6 terdeteksi selama instalasi awal), yang akan menugaskan alamat tambahan yang dibuat secara acak ke antarmuka, secara berkala mengubah mereka dan lebih menyukai mereka untuk koneksi arah keluar. Koneksi arah masuk masih tetap dapat memakai alamat yang dibuat oleh SLAAC. Contoh berikut, untuk dipakai dalam /etc/network/interfaces, mengaktifkan ekstensi privasi ini.

Contoh 10.11. Ekstensi privasi IPv6

iface eth0 inet6 auto
    # Prefer the randomly assigned addresses for outgoing connections.
    privext 2
Koneksi IPv6 dapat dibatasi, dengan cara yang sama seperti untuk IPv4. nft dapat digunakan untuk membuat aturan firewall untuk IPv4 dan IPv6 (lihat Bagian 14.2.3, “Sintaks nft).

10.6.1. Tunneling

Jika koneksi IPv6 yang native tidak tersedia, metode alternatif adalah dengan menggunakan sebuah tunnel di atas IPv4. Hurricane Electric adalah salah satu penyedia tunnel (gratis) tersebut:
Untuk menggunakan tunnel Hurricane Electric, Anda perlu mendaftarkan akun, masuk, memilih tunnel gratis, dan menyunting berkas /etc/network/interfaces dengan kode yang dihasilkan.
Anda dapat memasang dan mengonfigurasi daemon radvd (dari paket yang bernama sama) bila Anda ingin memakai komputer yang dikonfigurasi sebagai router bagi suatu jaringan lokal. Daemon konfigurasi IPv6 ini memiliki peran mirip dhcpd di dunia IPv4.
Berkas konfigurasi /etc/radvd.conf harus kemudian dibuat (Lihat /usr/share/doc/radvd/examples/simple-radvd.conf sebagai titik awal). Dalam kasus kami, satu-satunya perubahan yang diperlukan adalah awalan, yang perlu diganti dengan yang disediakan oleh Hurricane Electric; hal ini dapat ditemukan dalam keluaran perintah ip a, di blok mengenai antarmuka he-ipv6 .
Kemudian jalankan systemctl start radvd. Jaringan IPv6 yang seharusnya sekarang bekerja.