Product SiteDocumentation Site

Bab 16. Kesimpulan: Masa Depan Debian

16.1. Pengembangan Mendatang
16.2. Masa depan Debian
16.3. Masa depan Buku ini
Kisah Falcot Corp selesai dengan bab terakhir ini; tapi Debian hidup terus, dan masa depan pasti akan membawa banyak kejutan menarik.

16.1. Pengembangan Mendatang

Sekarang setelah versi 10 Debian keluar, pengembang sudah sibuk bekerja pada versi berikutnya, diberi nama kode Bullseye
Tidak ada daftar resmi dari rencana perubahan, dan Debian tidak pernah membuat janji terkait sasaran-sasaran teknis dari versi mendatang. Namun, beberapa tren pengembangan sudah dapat dicantumkan, dan kita bisa mencoba bertaruh atas apa yang mungkin terjadi (atau tidak).
Untuk meningkatkan keamanan dan kepercayaan, semakin banyak paket akan dibuat dapat direproduksi build-nya; dengan kata lain, akan mungkin untuk membangun kembali byte demi byte paket-paket biner yang identik dari paket-paket sumber, sehingga memungkinkan semua orang untuk memastikan bahwa tidak ada pengubahan yang terjadi selama membangun. Fitur ini bahkan mungkin diperlukan oleh manajer rilis untuk menguji migrasi.
Dalam tema terkait, banyak upaya akan dilakukan untuk meningkatkan keamanan secara default, dengan lebih banyak paket mengirim profil AppArmor.
Tentu saja, semua keluarga perangkat lunak utama akan memiliki rilis mayor. Versi terbaru dari berbagai desktop akan membawa kegunaan yang lebih baik dan fitur-fitur baru. Wayland, server tampilan baru, mungkin akan menggantikan X11 yang usang sepenuhnya.
Dengan meluasnya penggunaan integrasi terus menerus dan pertumbuhan arsip (dan dari paket terbesar!), kendala pada rilis arsitektur akan lebih sulit dipenuhi dan beberapa arsitektur akan dijatuhkan (seperti mips, mipsel, dan mungkin mips64el).