Product SiteDocumentation Site

16.2. Masa depan Debian

Selain perkembangan internal ini, kita bisa berharap munculnya distro-distro baru berbasis Debian, karena banyak alat yang membuat tugas ini lebih mudah. Sub proyek khusus baru akan juga dimulai, dalam rangka memperluas jangkauan Debian ke cakrawala baru.
Komunitas pengguna Debian akan meningkat, dan kontributor baru akan bergabung dengan proyek... termasuk, mungkin, Anda!
Ada diskusi berulang tentang bagaimana ekosistem perangkat lunak berevolusi, menuju aplikasi yang dikirimkan dalam kontainer, di mana paket Debian tidak memiliki nilai tambah, atau dengan manajer paket khusus bahasa (mis. pip untuk Python, npm untuk JavaScript, dll.), yang membuat dpkg dan apt usang. Menghadapi ancaman itu, saya yakin bahwa pengembang Debian akan menemukan cara untuk merangkul evolusi itu dan terus memberikan nilai kepada pengguna.
Terlepas dari usia tua dan ukurannya yang terhormat, Debian terus tumbuh ke segala arah (yang kadang-kadang tak terduga). Kontributor yang penuh dengan ide, dan diskusi pada milis pengembangan, bahkan ketika mereka tampak seperti bertengkar, terus meningkatkan momentum. Debian kadang-kadang dibandingkan dengan sebuah lubang hitam, dengan kepadatan yang sedemikian sehingga proyek perangkat lunak bebas baru apapun menjadi tertarik.
Di luar kepuasan nyata sebagian besar pengguna Debian, tren yang dalam menjadi semakin tak terbantahkan: orang semakin menyadari bahwa berkolaborasi, daripada bekerja sendirian di sudut mereka, mengarah ke hasil yang lebih baik untuk semua orang. Itulah alasan yang digunakan oleh distribusi yang bergabung ke Debian melalui sub proyek.
Maka proyek Debian tidak terancam oleh kepunahan…