Product SiteDocumentation Site

6.9. Pembaharuan Otomatis

Karena Falcot Cort memiliki banyak komputer namun hanya terbatas kekuatan orang, administratornya mencoba untuk membuat upgrade seotomatis mungkin. Program yang bertugas pada proses ini harus dijalankan tanpa intervensi manusia.

6.9.1. Mengonfigurasi dpkg

As we have already mentioned (see sidebar LEBIH JAUH Menghindari pertanyaan berkas konfigurasi), dpkg can be instructed not to ask for confirmation when replacing a configuration file (with the --force-confdef --force-confold options). Interactions can, however, have three other sources: some come from APT itself, some are handled by debconf, and some happen on the command line due to package configuration scripts (sometimes handled by ucf).

6.9.2. Mengonfigurasi APT

Kasus APT ini sederhana: pilihan -y (atau --assume-yes) memberitahu APT untuk memutuskan menjawab semua pertanyaannya dengan “ya”.

6.9.3. Mengonfigurasi debconf

Kasus debconf berhak lebih diperinci. Program ini, dari intersepsinya, didesain untuk mengontrol relevansi dan volume pertanyaan yang ditampilkan ke pengguna, sebagaimana cara mereka dimunculkan. Oleh karena itu, konfigurasinya meminta sebuah prioritas minimal untuk pertanyaan; hanya pertanyaan di atas prioritas minimal yang ditampilkan. debconf mengasumsikan jawaban standar (ditentukan oleh maintainer paket) untuk pertanyaan yang diputuskan untuk dilewati.
Elemen konfigurasi lainnya adalah antarmuka yang digunakan oleh front-end. Jika Anda memilih nontinteractive dari pilihan lain, seluruh interaksi pengguna dinonaktifkan. Jika sebuah paket mencoba menampilkan sebuah catatan informatif, ini akan dikirim ke administrator melalui surel.
Untuk mengonfigurasi ulang debconf, gunakan alat dpkg-reconfigure dari paket debconf; perintah yang relevan adalah dpkg-reconfigure debconf. Catat bahwa nilai konfigurasi dapat diabaikan sementara dengan variabel lingkungan ketika diperlukan (misalnya, DEBIAN_FRONTEND mengontrol antarmuka, sebagaimana didokumentasikan dalam laman manual debconf(7)).

6.9.4. Menangani Interaksi Baris Perintah

Sumber interaksi terakhir, dan yang paling sulit ditangani, adalah skrip konfigurasi dijalankan oleh dpkg. Sayangnya tidak ada solusi standar, dan tidak ada jawaban yang meliputi lebih baik dari lainnya.
Pendekatan umum adalah dengan menekan input standar dengan mengarahkan konten kosong /dev/null ke dalamnya dengan perintah </dev/null, atau memberi asupan stream baris baru tak berakhir. Tidak satupun metode ini yang 100 % handal, namun mereka umumnya mengarah pada digunakannya jawaban standar, karena kebanyakan skrip mengganggap ketiadaan jawaban sebagai penerimaan nilai baku.

6.9.5. Kombinasi Ajaib

Dengan mengombinasikan elemen sebelumnya, memungkinkan untuk mendesain skrip kecil yang lebih handal yang dapat menangani upgrade otomatis.

Contoh 6.5. Skrip pembaharuan non-interaktif

export DEBIAN_FRONTEND=noninteractive
yes '' | apt-get -y -o DPkg::options::="--force-confdef" -o DPkg::options::="--force-confold" dist-upgrade