Product SiteDocumentation Site

6.5. Frontends: aptitude, synaptic

APT adalah program C++ yang kode utamanya bercokol di pustaka bersama (shared library) libapt-pkg. Menggunakan pustaka bersama memfasilitasi pembuatan antarmuka pengguna (front-end), karena kode yang ada di pustaka dapat dengan mudah digunakan kembali. Sejarahnya, apt-get hanya didesain sebagai front-end uji untuk libapt-pkg namun kesuksesannya cenderung mengaburkan fakta ini.

6.5.1. aptitude

aptitude is an interactive program that can be used in semi-graphical mode on the console. You can browse the list of installed and available packages, look up all the available information, and select packages to install or remove. The program is designed specifically to be used by administrators, so that its default behaviors are designed to be much more intelligent than apt-get's, and its interface much easier to understand.
Manajer paket aptitude

Gambar 6.1. Manajer paket aptitude

Ketika dimulai, aptitude menampilkan daftar paket yang diurutkan berkasarkan kondisi (terinstall, tak-terinstall, atau terinstall namun tidak tersedia di mirror - bagian lain menampilkan tugas, paket virtual, dan paket baru yang baru muncul di mirror). Untuk memfasilitasi penjelajahan tematik, tampilan lain tersedia. Dalam semua kasus, aptitude menampilkan sebuah daftar kombinasi kategori dan paket pada layar. Kategori diatur melalui struktur pohon, yang cabangnya masing-masing dapat dibuka atau ditutup dengan tombol Enter, [ dan ]. + harus digunakan untuk menandai paket untuk diinstall, - menandainya untuk penghapusan dan _ untuk mem-purge-nya (catat bahwa kunci ini juga dapat digunakan untuk kategori, dalam hal ini aksi yang sesuai akan diterapkan pada seluruh paket kategori tersebut). u memerbarui daftar paket tersedia dan Shift+u memersiapkan upgrade sistem secara global. g berganti ke tampilan ringkasan perubahan yang diminta (dan mengetik g lagi akan menerapkan perubahan), q menutup tampilan kini. Jika Anda pada tampilan awal, ini akan menutup secara efektif aptitude.
Untuk mencari sebuah paket, Anda dapat mengetik / diikuti oleh pola pencarian. Pola ini cocok dengan nama paket, namun dapat pula diterapkan ke deskripsi (jika diawali dengan ~d), untuk bagian (dengan ~s), atau karakter lain yang dirinci di dokumentasi. Pola yang sama dapat menyaring daftar paket yang ditampilkan: ketik tombol l (sebagaimana limit) dan masukkan pola.
Mengelola “bendera otomatis” paket Debian (lihat Bagian 6.2.7, “Pelacakan Otomatis Paket Terinstall”) ialah mudah dengan aptitude. Ini memungkinkan untuk melihat daftar paket terinstall dan menandai paket sebagai otomatis dengan Shift+m atau untuk menghapus tanda dengan tombol m. “Paket otomatis” ditampilkan dengan “A” pada daftar paket. Fitur ini juga menawarkan cara mudah untuk menvisualkan paket yang digunakan pada sebuah mesin, tanpa seluruh pustaka dan ketergantungan yang tidak Anda pedulikan. Pola yang berhubungan yang dapat digunakan dengan l (untuk mengaktifkan mode penyaringan) adalah ~i!~M. Ini menandakan bahwa Anda hanya ingin melihat paket terinstall (~i) tidak ditandai sebagai otomatis (!~M).

6.5.1.1. Mengelola Rekomendasi, Saran dan Tugas

Another interesting feature of aptitude is the fact that it respects recommendations between packages while still giving users the choice not to install them on a case by case basis. For example, the gnome package recommends transmission-gtk (among others). When you select the former for installation, the latter will also be selected (and marked as automatic if not already installed on the system). Typing g will make it obvious: transmission-gtk appears on the summary screen of pending actions in the list of packages installed automatically to satisfy dependencies. However, you can decide not to install it by deselecting it before confirming the operations.
Catat bahwa fitur pelacakan rekomendasi ini tidak berlaku untuk upgrade. Misalnya, jika versi baru gnome merekomendasikan paket yang tidak direkomendasikan sebelumnya, paket tidak akan ditandai untuk instalasi. Akan tetapi, ini akan didaftar pada layar upgrade agar administrator masih dapat memilihnya untuk diinstall.
Suggestions between packages are also taken into account, but in a manner adapted to their specific status. For example, since gnome suggests empathy, the latter will be displayed on the summary screen of pending actions (in the section of packages suggested by other packages). This way, it is visible and the administrator can decide whether to take the suggestion into account or not. Since it is only a suggestion and not a dependency or a recommendation, the package will not be selected automatically — its selection requires a manual intervention from the user (thus, the package will not be marked as automatic).
Dalam semangat yang sama, ingatlah bahwa aptitude membuat konsept menggunaan kosept tugas yang cerdas. Karena tugas ditampilkan sebagai kategori pada layar daftar paket, Anda dapat memilih tugas penuh untuk instalasi atau penghapusan, atau menjelajah daftar paket yang disertakan pada tugas untuk memilih subset yang lebih kecil.

6.5.1.2. Algoritma Pemecahan Masalah yang Lebih Baik

Untuk menyimpulkan bagian ini, mari catat bahwa aptitude memiliki algoritma yang lebih rumit dibandingkan apt-get ketika menyelesaikan situasi yang sulit. Ketika seperangkat aksi diperlukan dan ketika aksi gabungan ini mengarah pada sistem yang tidak koheren, aptitude mengevaluasi beberapa skenario yang mungkin dan menyajikannya dalam urutan relevansi yang berkurang. Akan tetapi, algoritma ini bukan contoh yang gagal. Untungnya selalu ada kemungkinan untuk memilih secara manual aksi yang dilakukan. Ketika aksi yang sedang terpilih mengarah ke kontradiksi, bagian atas layar menunjukkan jumlah paket yang “rusak” (dan Anda dapat navigasi secara langsung ke paket tersebut dengan menekan b). Ini kemudian mungkin untuk membangun solusi secara manual untuk masalah yang ditemukan. Khususnya, Anda dapat mendapatkan akses ke versi yang berbeda dengan memilih paket dengan Enter. Jika pilihan versi ini memecahkan masalah, Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan fungsi tersebut. Ketika jumlah paket yang rusah berkurang ke nol, Anda dapa menuju layar ringkasan aksi tertunda dengan aman untuk pemeriksaan sebelum Anda menerapkannya.

6.5.2. synaptic

synaptic merupakan manajet paket grafis untuk Debian yang fiturnya bersih dan antarmuka grafisnya efisien berbasis GTK+/GNOME. Banyak penyaring yang siap-digunakan memberikan akses cepat ke paket baru yang tersedia, paket terinstall, paket yang dapat diupgrade, paket usang, dan seterusnya. Jika Anda menjelajah melalui daftar ini, Anda dapat memilih operasi untuk dilakukan pada paket (install, upgrade, hapus, purge); operasi ini tidak dilakukan segera, namun letakkkan dalam daftar tugas. Klik tunggal pada sebuah tombol kemudian validasi operasi, dan mereka dilakukan sekaligus.
synaptic manajer paket

Gambar 6.2. synaptic manajer paket