Product SiteDocumentation Site

9.7. Menjadwalkan Tugas dengan cron dan atd

cron adalah daemon yang bertanggung jawab untuk mengeksekusi perintah terjadwal dan berulang (setiap hari, setiap minggu, dll.); atd adalah yang berurusan dengan perintah yang akan dieksekusi sekali, tapi pada waktu tertentu di masa depan.
Dalam sistem Unix, banyak tugas yang dijadwalkan untuk dieksekusi berkala:
Secara default, semua pengguna dapat menjadwalkan pelaksanaan tugas. Dengan demikian, setiap pengguna memiliki sendiri crontab di mana mereka dapat merekam perintah yang dijadwalkan. Ini dapat diedit dengan menjalankan crontab -e (isinya disimpan dalam berkas /var/spool/cron/crontabs/pengguna).
Pengguna root punya crontab mereka sendiri, tapi dapat juga menggunakan berkas /etc/crontab, atau menulis berkas crontab tambahan dalam direktori /etc/cron.d. Dua solusi terakhir ini memiliki keuntungan menjadi dapat menentukan identitas pengguna yang dimanfaatkan ketika mengeksekusi perintah.
Paket cron termasuk secara default beberapa perintah terjadwal yang mengeksekusi:
Banyak paket Debian yang banyak bergantung pada layanan ini: dengan menempatkan skrip pemeliharaan dalam direktori ini, mereka memastikan pengoperasian yang optimal atas layanan mereka.

9.7.1. Format dari sebuah Berkas crontab

Setiap baris yang signifikan dari crontab menggambarkan perintah yang dijadwalkan dengan enam (atau tujuh) ruas berikut:
  • nilai untuk menit (angka dari 0-59);
  • nilai untuk jam (dari 0 sampai 23);
  • nilai untuk tanggal (dari 1 sampai 31);
  • nilai untuk bulan (dari 1 untuk 12);
  • nilai hari pada suatu minggu (dari 0 sampai 7, 1 berarti Senin, Minggu diwakili oleh 0 atau 7; juga dimungkinkan untuk menggunakan tiga huruf pertama dari nama hari dalam seminggu dalam bahasa Inggris, seperti Sun, Mon, dll.);
  • nama pengguna yang identitasnya akan dipakai untuk menjalankan perintah (di berkas /etc/crontab dan dalam fragmen yang terletak di /etc/cron.d/, tetapi tidak di berkas crontab pengguna sendiri);
  • perintah yang akan dilaksanakan (ketika kondisi yang didefinisikan oleh ke lima kolom pertama terpenuhi).
Semua rincian ini didokumentasikan di halaman manual crontab(5).
Setiap nilai dapat dinyatakan dalam bentuk daftar nilai yang mungkin (dipisahkan dengan koma). Sintaks a-b menjelaskan interval semua nilai antara a dan b. Sintaks a-b/c menggambarkan interval dengan kenaikan c (contoh: 0-10/2 berarti 0,2,4,6,8,10). Asterisk * adalah wildcard, mewakili semua nilai yang mungkin.

Contoh 9.2. Sampel berkas crontab

#Format
#min jam hari bul dow perintah

# Unduh data setiap malam pukul 19.25
 25 19 * * * $HOME /bin/get.pl

# 08:00, pada hari kerja (Senin hingga Jumat)
 00 08 * * 1-5 $HOME/bin/dosomething

# Mulai ulang proxy IRC setelah setiap reboot
@reboot /usr/bin/dircproxy

9.7.2. Menggunakan Perintah at

at mengeksekusi perintah pada saat tertentu di masa depan. Ini membutuhkan masukan waktu dan tanggal sebagai parameter baris perintah, dan perintah akan dieksekusi di masukan standar. Perintah akan dieksekusi seolah-olah itu telah dimasukkan di shell saat ini. at bahkan mempertahankan lingkungan saat ini, untuk mereproduksi kondisi yang sama ketika itu mengeksekusi perintah. Waktu ditunjukkan dengan mengikuti konvensi biasa: 16:12 atau 4:12 pm mewakili 4:12 pm. Tanggal dapat ditentukan dalam beberapa format Eropa dan Barat, termasuk DD. MM. YY (27.07.15 dengan demikian mewakili 27 Juli 2015), YYYY-MM-DD (tanggal yang sama ini dinyatakan sebagai 2015-07-27), MM/DD/ [CC]YY (yaitu, 12/25/15 atau 12/25/2015 akan menjadi 25 Desember 2015), atau sekadar MMDD[CC]YY (Jadi 122515 atau 12252015 akan juga mewakili 25 Desember 2015). Tanpa itu, perintah akan dilaksanakan segera setelah jam mencapai waktu yang ditunjukkan (hari yang sama, atau besok jika waktu itu telah melewati pada hari yang sama). Anda juga dapat menulis "today (hari ini)" atau "tomorrow (besok)", yang sudah cukup jelas.
$ at 09:00 27.07.15 <<END
> echo "Don't forget to wish a Happy Birthday to Raphaël!" \
>   | mail lolando@debian.org
> END
warning: commands will be executed using /bin/sh
job 31 at Mon Jul 27 09:00:00 2015
Suatu sintaks alternatif menunda eksekusi untuk durasi tertentu: at now + angka periode. periode bisa berupa minutes (menit), hours (jam), days (hari), atau weeks (minggu). angka hanya menunjukkan banyaknya unit yang harus dilalui sebelum pelaksanaan perintah.
Untuk membatalkan tugas yang dijadwalkan oleh cron, cukup menjalankan crontab -e dan menghapus baris yang sesuai dalam berkas crontab. Untuk tugas at, hampir sama mudahnya: jalankan atrm nomor-tugas. Nomor tugas ditunjukkan oleh perintah at saat Anda menjadwalkan itu, tetapi Anda dapat menemukannya lagi dengan perintah atq, yang memberikan daftar tugas terjadwal.