Product SiteDocumentation Site

13.10. Perangkat lunak Komunikasi Real-Time

Debian menyediakan berbagai macam perangkat lunak klien Real-Time Communication (RTC). Setup server RTC didiskusikan dalam Bagian 11.8, “Layanan Komunikasi Real-Time”. Dalam terminologi SIP (Session Initiation Protocol), suatu peranti atau aplikasi klien juga dirujuk sebagai agen pengguna (user agent).
Setiap aplikasi klien bervariasi dalam fungsi. Beberapa aplikasi lebih mudah bagi pengguna obrolan intensif sementara aplikasi lainnya lebih stabil untuk pengguna webcam. Mungkin perlu untuk menguji beberapa aplikasi untuk mengidentifikasi mana yang paling memuaskan. Pengguna akhirnya dapat memutuskan bahwa mereka membutuhkan lebih dari satu aplikasi, misalnya, aplikasi XMPP untuk perpesanan dengan pelanggan dan aplikasi IRC untuk kolaborasi dengan beberapa komunitas daring.
Untuk memaksimalkan kemampuan pengguna untuk berkomunikasi dengan dunia yang lebih luas, dianjurkan untuk mengkonfigurasi klien SIP dan XMPP atau klien tunggal yang mendukung kedua protokol.
Desktop GNOME baku menyarankan klien komunikasi Empathy. Empathy dapat mendukung SIP dan XMPP. Mendukung pesan instan (IM), suara, dan video. Proyek KDE menyediakan KDE Telepathy, suatu klien komunikasi berbasis API Telepathy yang sama dengan yang digunakan oleh klien GNOME Empathy.
Alternatif yang populer untuk Empathy/Telepathy termasuk Ekiga, Linphone, Psi, dan Jami (sebelumnya dikenal sebagai Ring).
Beberapa dari aplikasi ini juga dapat berinteraksi dengan pengguna ponsel menggunakan aplikasi seperti Lumicall pada Android.
Panduan Langsung-Pakai Komunikasi Real-Time memiliki satu bab didedikasikan untuk perangkat lunak klien.
Pengembang Debian mengoperasikan sebuah layanan SIP komunitas di rtc.debian.org. Komunitas memelihara wiki dengan dokumentasi tentang bagaimana menyiapkan banyak aplikasi klien yang dikemas dalam Debian. Artikel wiki dan cuplikan layar adalah sumber yang berguna bagi siapa pun yang menyiapkan layanan serupa pada domain mereka sendiri.