Product SiteDocumentation Site

13.8. Keluarga Aplikasi Perkantoran

Perangkat lunak perkantoran telah lama dianggap kurang di dunia perangkat lunak bebas. Pengguna memerlukan pengganti untuk alat-alat Microsoft seperti Word dan Excel, tapi ini begitu kompleks sehingga pengganti sulit untuk dikembangkan. Keadaan berubah ketika Sun merilis kode StarOffice di bawah suatu lisensi bebas sebagai OpenOffice, suatu proyek yang kemudian melahirkan LibreOffice, yang tersedia di Debian. Proyek KDE juga memiliki keluarga aplikasi perkantoran mereka sendiri, dinamai Keluarga Calligra (sebelumnya KOffice), dan GNOME, walaupun tidak pernah menawarkan keluarga aplikasi perkantoran yang komprehensif, menyediakan AbiWord sebagai pengolah kata dan Gnumeric sebagai lembar kerja. Berbagai proyek memiliki kekuatan masing-masing. Sebagai contoh, lembar kerja Gnumeric lebih baik daripada OpenOffice.org/LibreOffice dalam beberapa domain, terutama presisi perhitungan. Di area pengolah kata, keluarga LibreOffice masih memimpin.
Fitur penting lainnya bagi pengguna adalah kemampuan untuk mengimpor dokumen Microsoft Office. Meskipun semua keluarga aplikasi perkantoran memiliki fitur ini, hanya yang di OpenOffice.org dan LibreOffice yang cukup fungsional untuk pemakaian sehari-hari.
LibreOffice dan Keluarga Calligra tersedia masing-masing dalam paket Debian libreoffice dan calligra. Meskipun paket gnome-office sebelumnya digunakan untuk menginstal koleksi alat kantor seperti AbiWord dan Gnumeric, paket ini tidak lagi menjadi bagian dari Debian, dengan paket-paket individu sekarang berdiri sendiri.
Paket spesifik bahasa untuk LibreOffice didistribusikan dalam paket terpisah: terutama libreoffice-l10n-* dan libreoffice-help-*. Beberapa fitur seperti kamus ejaan, pola tanda hubung, dan tesaurus ada di paket-paket terpisah, seperti myspell-*/hunspell-*, hyphen-*, dan mythes-*.