Product SiteDocumentation Site

13.4. Surel

13.4.1. Evolution

Evolution adalah klien surel GNOME dan dapat dipasang dengan apt install evolution. Itu lebih dari sekadar klien surel sederhana: itu juga menyediakan kalender, buku alamat, daftar tugas, dan sebuah aplikasi memo (catatan bentuk bebas). Komponen surel berisi sistem pengindeksan pesan yang kuat, dan memungkinkan penciptaan folder virtual yang didasarkan pada kueri pencarian pada semua pesan yang diarsipkan. Dengan kata lain, semua pesan disimpan dengan cara yang sama tetapi ditampilkan dalam organisasi berbasis folder, setiap folder berisi pesan yang sesuai dengan serangkaian kriteria penyaringan.
Perangkat lunak surel Evolution

Gambar 13.4. Perangkat lunak surel Evolution

Ekstensi untuk Evolution memungkinkan integrasi dengan sistem surel Microsoft Exchange; paket yang diperlukan adalah evolution-ews[5].

13.4.2. KMail

Perangkat lunak surel KDE dapat diinstal dengan apt install kmail. KMail hanya menangani surel, tapi itu termasuk dalam keluarga perangkat lunak yang disebut KDE-PIM (kependekan dari Personal Information Manager/Manajer Informasi Pribadi) yang mencakup fitur-fitur seperti buku alamat, komponen kalender, dan sebagainya. KMail memiliki semua fitur yang diharapkan dari klien surel yang hebat.
Perangkat lunak surel KMail

Gambar 13.5. Perangkat lunak surel KMail

13.4.3. Thunderbird

Paket thunderbird menyediakan klien surel dari keluarga perangkat lunak Mozilla. Berbagai set pelokalan tersedia di paket-paket thunderbird-l10n-*; ekstensi enigmail menangani penyandian dan penandatanganan pesan, tapi ini tidak tersedia dalam semua bahasa.
Perangkat lunak surel Thunderbird

Gambar 13.6. Perangkat lunak surel Thunderbird



[5] Paket evolution-ews bukan bagian dari Debian Buster. Itu dihapus selama proses rilis karena masalah keamanan. Tetapi pada saat penulisan, versi terbaru tersedia sebagai backport (lihat Bagian 6.1.2.4, “Backport Stable”).