Product SiteDocumentation Site

11.6. Proksi HTTP/FTP

Suatu proksi HTTP/FTP bertindak sebagai perantara untuk koneksi HTTP dan/atau FTP. Perannya ada dua:
Falcot Corp memilih Squid sebagai server proksi mereka.

11.6.1. Memasang

Paket Debian squid[2] hanya berisi proksi modular (cache). Mengubahnya menjadi sebuah server penyaringan membutuhkan instalasi paket tambahan squidguard. Selain itu, squid-cgi menyediakan antarmuka administrasi dan kuiri untuk proksi Squid.
Sebelum memasang, perlu dipastikan bahwa sistem dapat mengidentifikasi nama lengkap sendiri: hostname -f harus mengembalikan nama lengkap (termasuk domain). Jika tidak, maka berkas /etc/hosts harus disunting agar memuat nama lengkap dari sistem (misalnya, arrakis.falcot.com). Nama resmi komputer harus divalidasi dengan administrator jaringan untuk menghindari kemungkinan konflik nama.

11.6.2. Mengkonfigurasi sebuah Singgahan

Mengaktifkan fitur server singgahan cukup hanya dengan menyunting berkas konfigurasi /etc/squid/squid.conf dan mengizinkan mesin-mesin dari jaringan lokal untuk menjalankan kuiri melalui proksi. Contoh berikut menunjukkan modifikasi yang dibuat oleh administrator Falcot Corp:

Contoh 11.22. Berkas /etc/squid/squid.conf (kutipan)

# MASUKKAN ATURAN ANDA DI SINI UNTUK MENGIZINKAN AKSES DARI KLIEN ANDA
#
include /etc/squid/conf.d/*

# Contoh aturan yang mengizinkan akses dari jaringan lokal Anda.
# Sesuaikan untuk menyertakan jaringan IP (internal) dari mana
# meramban mesti diizinkan.

acl our_networks src 192.168.1.0/24 192.168.2.0/24
http_access allow our_networks
http_access allow localhost
# Dan akhirnya tolak semua akses lain ke proksi ini
http_access deny all

11.6.3. Mengkonfigurasi suatu Penyaring

squid itu sendiri tidak melakukan penyaringan; tindakan ini diserahkan kepada squidGuard. Squid harus kemudian dikonfigurasi untuk berinteraksi dengan yang squidGuard. Ini termasuk menambahkan direktif berikut ke berkas /etc/squid/squid.conf:
url_rewrite_program /usr/bin/squidGuard -c /etc/squid/squidGuard.conf
Program CGI /usr/lib/cgi-bin/squidGuard.cgi juga perlu dipasang, menggunakan /usr/share/doc/squidguard/examples/squidGuard.cgi.gz sebagai titik awal. Modifikasi yang diperlukan pada skrip ini adalah variabel $proxy dan $proxymaster (masing-masing adalah nama proksi dan surel kontak administrator). Variabel $image dan $redirect harus menunjuk ke gambar yang ada yang mewakili penolakan kuiri.
Penyaring diaktifkan dengan perintah service squid reload. Namun, karena paket squidguard tidak melakukan penyaringan secara default, itu adalah tugas administrator untuk menentukan kebijakan. Ini dapat dilakukan dengan membuat berkas /etc/squid/squidGuard.conf (menggunakan /etc/squidguard/squidGuard.conf.default sebagai templat jika diperlukan).
Basis data kerja harus dibuat ulang dengan update-squidguard setelah setiap perubahan berkas konfigurasi squidGuard (atau salah satu daftar domain atau URL yang disebutkan). Sintaks berkas konfigurasi didokumentasikan pada situs web berikut:


[2] Paket squid3, meyediakan Squid sampai Debian Jessie, kini adalah sebuah paket transisi dan akan secara otomatis memasang squid.
[3] PICS telah digantikan oleh Protocol for Web Description Resources (sistem POWDER: https://www.w3.org/2009/08/pics_superseded.html.