Product SiteDocumentation Site

8.7. Konfigurasi Pencetak

Konfigurasi pencetak memang mengakibatkan banyak masalah untuk administrator dan pengguna pula. Masalah tersebut kini hanya merupakan masa lalu, terima kasih kepada CUPS, server pencetak bebas yang menggunakan IPP (Internet Printing Protocol).
Debian mendistribusikan CUPS yang dibagi menjadi beberapa paket. Inti dari sistem ini adalah penjadwal, cupsd, yang ada dalam paket cups-daemon. cups-client berisi program utilitas untuk berinteraksi dengan server, cupsd. lpadmin mungkin adalah utilitas yang paling penting, karena sangat penting untuk menyiapkan printer, tetapi ada juga fasilitas untuk menonaktifkan atau mengaktifkan antrian printer, melihat atau menghapus pekerjaan cetak, dan menampilkan atau mengatur opsi printer. Framework CUPS didasarkan pada sistem pencetakan System V, tetapi ada paket kompatibilitas, cups-bsd, yang memungkinkan penggunaan perintah seperti lpr, lpq, dan lprm dari sistem pencetakan BSD tradisional.
Penjadwal mengelola pekerjaan cetak dan pekerjaan ini melintasi sistem penyaringan untuk menghasilkan berkas yang akan dipahami dan dicetak oleh printer. Sistem penyaringan disediakan oleh paket cups-filter (https://salsa.debian.org/printing-team/cups-filters) bersama dengan paket printer-driver-*. CUPS yang dikombinasikan dengan cups-filter dan printer-driver-* adalah dasar dari sistem pencetakan Debian.
Printer modern yang diproduksi dan dijual dalam sepuluh tahun terakhir hampir selalu mampu AirPrint, dan CUPS dan cups-filter di Debian Buster memiliki segalanya yang diperlukan untuk memanfaatkan fasilitas ini di jaringan. Intinya, printer ini adalah printer IPP dan sangat cocok untuk sistem pencetakan tanpa driver, mengurangi sistem ke CUPS ditambah cups-filter. Paket pengandar pencetak dapat dilupakan, dan perangkat lunak pencetakan non-bebas dari vendor seperti Canon dan Brother tidak lagi diperlukan. Printer yang terhubung dengan USB dapat memanfaatkan printer modern dengan paket ippusbxd.
Perintah apt install cups akan menginstal CUPS dan cups-filter. Ini juga akan menginstal printer-driver-gutenprint yang direkomendasikan untuk menyediakan driver untuk berbagai macam printer, tetapi, kecuali printer dioperasikan tanpa driver, driver printer alternatif mungkin diperlukan untuk perangkat tertentu .
Sebagai paket yang direkomendasikan oleh cups-daemon, cups-browsed akan berada pada sistem dan antrian cetak jaringan, dan printer modern dapat secara otomatis ditemukan dan diatur dari broadcast DNS-SD mereka (Bonjour). Pencetak USB harus disiapkan secara manual seperti yang dijelaskan di paragraf berikutnya.
Sistem pencetakan dikelola dengan mudah melalui antarmuka web yang dapat diakses pada alamat lokal http://localhost:631/. Di sana Anda dapat menambahkan dan menghapus pencetak USB dan jaringan dan mengadministrasi sebagian besar aspek perilaku mereka. Tugas administrasi serupa juga dapat dilaksanakan melalui antarmuka grafis yang disediakan oleh lingkungan desktop atau antarmuka grafis system-config-printer (dari paket Debian dengan nama yang sama).