Product SiteDocumentation Site

13.7. Kerja Kolaborasi

13.7.1. Bekerja dalam Grup: groupware

Alat-alat groupware cenderung relatif rumit pemeliharaannya karena mereka menggabungkan beberapa alat dan memiliki persyaratan yang tidak selalu mudah untuk didamaikan dalam konteks distribusi yang terintegrasi. Dengan demikian ada daftar panjang paket-paket groupware yang pernah tersedia di Debian tetapi telah dikeluarkan karena kurangnya pengelola atau ketidakcocokan dengan perangkat lunak lain (yang lebih baru) di Debian. Ini kasus yang terjadi pada PHPGroupware, eGroupware, dan Kolab.
Namun semua itu tidak hilang. Banyak fitur yang secara tradisional disediakan oleh perangkat lunak "groupware" semakin terintegrasi ke dalam perangkat lunak "standar". Ini mengurangi kebutuhan untuk perangkat lunak groupware spesifik yang terspesialisasi. Di sisi lain, hal ini biasanya memerlukan server tertentu. Citadel (dalam paket citadel-suite), Sogo (dalam paket sogo), dan Kopano (dalam paket kopano-core) adalah alternatif yang tersedia di Debian Buster.

13.7.2. Kolaborasi dengan FusionForge

FusionForge adalah alat pengembangan kolaboratif dengan sebagian nenek moyang dalam SourceForge, suatu layanan hosting untuk proyek-proyek perangkat lunak bebas. Itu menempuh pendekatan secara keseluruhan yang sama berdasarkan model pengembangan standar untuk perangkat lunak bebas. Perangkat lunak itu sendiri terus berkembang setelah kode SourceForge menjadi proprietari. Penulis awal, VA Software, memutuskan untuk tidak merilis lagi versi-versi lebih bebas. Hal yang sama terjadi lagi ketika fork pertama (GForge) mengikuti jalan yang sama. Karena berbagai orang dan organisasi telah berpartisipasi dalam pengembangan, FusionForge saat ini juga mencakup fitur penargetan pendekatan yang lebih tradisional untuk pengembangan, maupun proyek-proyek yang tidak murni mementingkan pengembangan perangkat lunak.
FusionForge dapat dilihat sebagai amalgamasi dari beberapa alat yang didedikasikan untuk mengelola, melacak, dan mengkoordinasikan proyek. Alat-alat ini dapat dikelompokkan menjadi tiga keluarga:
  • komunikasi: forum web, manajer milis, dan sistem pengumuman yang memungkinkan sebuah proyek memublikasikan berita
  • pelacakan: alat untuk melacak kemajuan proyek dan menjadwalkan tugas, untuk melacak bug, permintaan fitur, atau “tiket" jenis lain, dan untuk melakukan survei
  • berbagi: manajer dokumentasi untuk menyediakan satu titik pusat bagi dokumen yang terkait dengan proyek, manajer rilis berkas generik, situs web khusus untuk setiap proyek.
Karena FusionForge terutama menargetkan proyek pembangunan, itu juga mengintegrasikan banyak alat seperti CVS, Subversion, Git, Bazaar, Darcs, Mercurial, dan Arch untuk manajemen kendali sumber (juga dinamai "manajemen konfigurasi" atau "kontrol versi"). Program ini menyimpan riwayat semua revisi dari semua berkas yang dilacak (seringkali berkas kode sumber), dengan semua perubahan yang mereka alami, dan mereka dapat menggabungkan modifikasi ketika beberapa pengembang bekerja secara bersamaan pada bagian yang sama dari sebuah proyek.
Sebagian besar alat ini dapat diakses atau bahkan dikelola melalui antarmuka web, dengan sistem perizinan halus, dan pemberitahuan surel untuk beberapa kejadian.
FusionForge bukan bagian dari Debian Stable. Ini adalah kumpulan perangkat lunak besar yang sulit untuk dipelihara dengan benar dan hanya bermanfaat bagi beberapa pengguna yang biasanya cukup ahli untuk dapat mem-backport paket dari Debian Unstable.