Product SiteDocumentation Site

15.2. Membangun Ulang Paket Pertama Anda

15.2.1. Meta-Packages atau Paket Palsu

Paket palsu dan meta-package sebenarnya mirip. Keduanya merupakan cangkang kosong yang ada hanya untuk membuat meta-data mereka berdampak di dalam tumpukan penanganan paket.
Tujuan dari paket palsu adalah mengakali dpkg dan apt sehingga percaya bahwa paket terpasang biarpun hanya berupa cangkang kosong. Hal ini memungkinkan memenuhi dependensi dari paket saat perangkat lunak terkait terpasang di luar ruang lingkup sistem pemaketan. Metode seperti ini bekerja, namun sedapat mungkin dihindari, karena tidak ada jaminan bahwa perangkat lunak yang terpasang berperilaku persis seperti paket terkait dan paket lainnya yang tergantung padanya tidak bekerja sebagaimana mestinya.
Di sisi lain, sebuah meta-package mayoritas ada sebagai kumpulan dari dependensi, sehingga meng-install meta-package sesungguhnya akan mendatangkan paket lain dalam satu langkah.
Kedua jenis paket ini dapat dibuat dengan perintah equivs-control dan equivs-build(dalam paket equivs). Perintah equivs-control berkas membuat berkas header paket Debian yang harus disunting agar memuat nama dari paket yang diinginkan, nomor versinya, nama dari maintainer, dependensi, dan deskripsinya. Field lainnya tanpa nilai default adalah opsional dan dapat dihapus. Field Copyright, Changelog, Readme dan Extra-Files bukan merupakan field standar dalam paket Debian; mereka hanya relevan dalam ruang lingkup equivs-build, dan mereka tidak akan disimpan dalam header dari paket yang dihasilkan.

Contoh 15.2. Berkas header dari libxml-libxml-perl paket palsu

Section: perl
Priority: optional
Standards-Version: 4.4.1

Package: libxml-libxml-perl
Version: 2.0134-1
Maintainer: Raphael Hertzog <hertzog@debian.org>
Depends: libxml2 (>= 2.7.4)
Architecture: all
Description: Fake package - module manually installed in site_perl
 This is a fake package to let the packaging system
 believe that this Debian package is installed.
 .
 In fact, the package is not installed since a newer version
 of the module has been manually compiled & installed in the
 site_perl directory.
Langkah selanjutnya adalah membuat paket Debian dengan perintah equivs-build berkas. Voilà: paket dibuat pada direktori saat ini dan dapat dapat ditangani sebagaimana paket Debian lainnya.

15.2.2. Berkas Archive Sederhana

Administrator Falcot Corp butuh membuat paket Debian agar dapat mempermudah proses penggelaran sekumpulan dokumen pada banyak mesin. Administrator yang bertanggung jawab atas pekerjaan ini pertama perlu membaca “New Maintainer's Guide” (Panduan Maintainer Baru), lalu mulai bekerja pada paket pertamanya.
Langkah pertama adalah membuat direktori falcot-data-1.0 berisi target dari paket sumber. Paket secara logika akan dinamakan falcot-data dan dengan nomor versi 1.0. Administrator selanjutnya meletakkan berkas dokumen dalam subdirektori data. Lalu mereka meng-invoke perintah dh_make (dari paket dh-make) untuk menambah berkas yang dibutuhkan oleh proses pembuatan paket, yang akan disimpan dalam subdirektori debian:
$ cd falcot-data-1.0
$ dh_make --native

Type of package: (single, indep, library, python)
[s/i/l/p]? i

Maintainer Name     : Raphael Hertzog
Email-Address       : hertzog@debian.org
Date                : Fri, 04 Sep 2015 12:09:39 -0400
Package Name        : falcot-data
Version             : 1.0
License             : gpl3
Package Type        : indep
Are the details correct? [Y/n/q]
Currently there is not top level Makefile. This may require additional tuning
Done. Please edit the files in the debian/ subdirectory now.

$
Tipe paket yang dipilih (indep) menandakan bahwa paket sumber ini akan menghasilkan sebuah paket biner tunggal yang dapat dipakai bersama pada semua arsitektur (Architecture: all). single bertindak sebagai lawannya, dan menghasilkan paket biner tunggal yang bergantung pada arsitektur target (Architecture: any). Dalam kasus ini, pilihan yang pertama lebih relevan karena paket hanya mengandung dokumen dan tidak ada program biner, jadi dapat digunakan pada semua komputer dari semua arsitektur.
Tipe library terkait ke paket sumber yang menghasilkan beberapa paket biner. Itu berguna untuk pustaka bersama, karena mereka perlu mengikuti aturan pemaketan yang ketat.
Perintah dh_make membuat sebuah subdirektori debian dengan banyak berkas. Beberapa diperlukan, khususnya rules, control, changelog, dan copyright. Berkas dengan ekstensi .ex adalah contoh yang dapat digunakan dengan memodifikasi mereka (dan menghapus ekstensi) seperlunya. Saat mereka tidak diperlukan, disarankan untuk menghapus mereka. Berkas compat harus disimpan, karena dibutuhkan agar kumpulan program debhelper berfungsi dengan benar (semuanya dimulai dengan awalan dh_) yang digunakan pada berbagai tahap proses pembuatan paket.
Berkas copyright harus berisi informasi tentang penulis dari dokumen yang disertakan dalam paket, dan lisensi terkait. Dalam kasus kita, hal ini merupakan dokumen internal dan penggunaan mereka terbatas dalam perusahaan Falcot. Berkas default changelog umumnya cukup; menggantikan “Rilis awal” dengan penjelasan yang lebih rinci dan mengubah distribusi dari unstable ke internal sudah cukup. Berkas control juga diperbarui: ruas Section telah diubah menjadi misc dan ruas Homepage, Vcs-Git, dan Vcs-Browser dihapus. Ruas Depends dilengkapi dengan firefox-esr | www-browser untuk memastikan ketersediaan peramban web yang dapat menampilkan dokumen-dokumen dalam paket.

Contoh 15.3. Berkas control

Source: falcot-data
Section: misc
Priority: optional
Maintainer: Raphael Hertzog <hertzog@debian.org>
Build-Depends: debhelper (>= 10)
Standards-Version: 4.4.1

Package: falcot-data
Architecture: all
Depends: firefox-esr | www-browser, ${misc:Depends}
Description: Internal Falcot Corp Documentation
 This package provides several documents describing the internal
 structure at Falcot Corp.  This includes:
  - organization diagram
  - contacts for each department.
 .
 These documents MUST NOT leave the company.
 Their use is INTERNAL ONLY.

Contoh 15.4. Berkas changelog

falcot-data (1.0) internal; urgency=low

  * Initial Release.
  * Let's start with few documents:
    - internal company structure;
    - contacts for each department.

 -- Raphael Hertzog <hertzog@debian.org>  Fri, 04 Sep 2015 12:09:39 -0400

Contoh 15.5. Berkas copyright

Format: https://www.debian.org/doc/packaging-manuals/copyright-format/1.0/
Upstream-Name: falcot-data

Files: *
Copyright: 2004-2019 Falcot Corp
License:
 All rights reserved.
Berkas rules umumnya berisi sekumpulan rules yang digunakan untuk meng-konfigurasi, build dan install perangkat lunak dalam subdirektori terdedikasi (dinamakan setelah paket binari dihasilkan). Isi dari subdirektori ini selanjutnya diarsipkan dalam paket Debian seolah sebagai root dari filesystem. Dalam kasus kami, berkas akan di-install dalam subdirektori debian/falcot-data/usr/share/falcot-data/, jadi meng-install paket yang dihasilkan akan men-deploy berkas di bawah /usr/share/falcot-data/. Berkas rules digunakan sebagai Makefile, dengan beberapa target standar (termasuk clean dan binary, digunakan untuk membersihkan direktori sumber dan menghasilkan paket binari).
Walaupun berkas ini merupakan jantung dari proses, lama kelamaan hanya berisi bare minimum untuk menjalankan sekumpulan perintah yang disediakan oleh perkakas debhelper. Sebagai contoh dalam kasus untuk berkas yang dihasilkan oleh dh_make. Untuk menginstall berkas, kita hanya perlu mengkonfigurasi perilaku dari perintah dh_install dengan membuat berkas berikut debian/falcot-data.install:
data/* usr/share/falcot-data/
Pada titik ini, paket dapat dibuat. Namun kita akan menambahkan sedikit polesan. Karena administrator ingin dokumen dapat diakses dengan mudah dari menu dalam lingkungan grafis desktop, kita membuat sebuah berkas falcot-data.desktop dan meletakkannya di /usr/share/applications dengan menambahkan baris kedua pada debian/falcot-data.install.

Contoh 15.6. Berkas falcot-data.desktop

[Desktop Entry]
Name=Internal Falcot Corp Documentation
Comment=Starts a browser to read the documentation
Exec=x-www-browser /usr/share/falcot-data/index.html
Terminal=false
Type=Application
Categories=Documentation;
Pembaharuan debian/falcot-data.install terlihat seperti ini:
data/* usr/share/falcot-data/
falcot-data.desktop usr/share/applications/
Paket sumber kita sekarang sudah siap. Yang perlu dilakukan hanya membuat paket biner, dengan metode yang sama yang kita gunakan sebelumnya untuk membangun ulang paket: kita jalankan perintah dpkg-buildpackage -us -uc dari direktori falcot-data-1.0.