Product SiteDocumentation Site

4. Sistematika Buku

Buku ini dibangun sekitar seputar studi kasus yang menyediakan dukungan dan ilustrasi dari semua topik yang dibahas.
Bab 1 fokus pada penjelasan non-teknis dari proyek Debian dan menggambarkan tujuan organisasi. Aspek ini penting karena mereka merupakan kerangka kerja umum yang akan dilengkapi oleh bab lainnya dengan informasi yang lebih konkret.
Bab 2 dan 3 menyediakan struktur dari studi kasus. Pada bagian ini, pembaca pemula dapat meluangkan waktu untuk membaca lampiran B. Mereka akan menemukan penjelasan singkat mengenai pengertian komputasi dasar, berikut dengan konsep yang inheren dengan sistem Unix manapun.
Untuk mendekati dengan kehidupan nyata, kami akan mulai dengan proses instalasi (Bab 4); bab 5 dan 6 akan menjabarkan perkakas dasar yang setiap administrator Debian akan gunakan, antara lain seperti keluarga APT, yang paling bertanggung jawab terhadap reputasi luar biasa dari distribusi Debian. Bab-bab ini bukan hanya untuk para profesional, karena semuanya merupakan administrator di rumah.
Bab 7 akan menjadi bagian yang penting; bab ini menggambarkan alur kerja dalam menggunakan dokumentasi secara efektif dan memahami permasalahan dengan cepat agar bisa memecahkannya.
Pada bab selanjutnya sistem akan lebih dijelaskan secara rinci, dimulai dengan infrastruktur dan layanan dasar (bab 8 to 10) dan seterusnya hingga mencapai tumpukan aplikasi pengguna dalam bab 13. Bab 12 membahas mengenai subjek tingkat lebih lanjut yang akan menjadi perhatian bagi administrator dengan jumlah komputer yang banyak (termasuk server), sementara bab 14 adalah pengantar singkat mengenai keamanan komputer dan beberapa hal kunci untuk menghindari masalah yang sering terjadi.
Chapter 15 is for administrators who want to go further and create their own Debian packages. Finally, Chapter 16 describes the possible future of Debian.
The present version is already the tenth edition of the book (we include the first four that were only available in French). This edition covers version 11 of Debian, code-named Bullseye. Among the changes, Debian now supports UEFI Secure Boot, providing some extra safety against attacks on the boot infrastructure, and making it easier to install Debian on new computers where Secure Boot is usually enabled by default. Again at the security level, AppArmor, a Mandatory Access Control system that regulates what various applications are allowed to perform, is now enabled by default. All included packages have obviously been updated, including the GNOME desktop, which is now in its version 3.38.
Kami telah tambahkan sedikit catatan dan penanda pada bagian boks. Mereka memiliki beragam peran: mereka dapat menarik perhatian dari poin yang sulit, penjelasan lengkap istilah yang digunakan dalam studi kasus, mendefinisikan beberapa istilah, atau berfungsi sebagai pengingat. Berikut ini adalah daftar dari boks yang paling sering ditemui: