Product SiteDocumentation Site

9.10. Cadangan

Membuat cadangan adalah salah satu tanggung jawab utama administrator manapun, tetapi itu adalah subjek yang kompleks, yang melibatkan alat yang seringkali sulit untuk dikuasai.
Banyak program yang ada, seperti amanda, bacula, BackupPC. Mereka adalah sistem klien/server yang menampilkan banyak pilihan, yang konfigurasi yang agak sulit. Beberapa diantaranya menyediakan antarmuka web yang ramah pengguna untuk mengurangi ini. Tapi Debian berisi puluhan perangkat lunak cadangan lain yang meliputi semua kemungkinan penggunaan kasus, yang Anda dapat Anda konfirmasi dengan mudah memakai apt-cache search backup.
Daripada merinci beberapa dari mereka, artikel ini akan menyajikan pikiran para administrator Falcot Corp ketika mereka mendefinisikan strategi cadangan mereka.
Di Falcot Corp, cadangan memiliki dua tujuan: memulihkan berkas yang salah hapus, dan cepat memulihkan komputer (server atau desktop) yang hard disknya gagal.

9.10.1. Back Up dengan rsync

Cadangan pada tape telah dianggap terlalu lambat dan mahal, data akan disimpan pada hard drive dalam server terdedikasi, yang penggunaan RAID perangkat lunak (lihat Bagian 12.1.1, “RAID Perangkat Lunak”) akan melindungi data dari kegagalan hard drive. Komputer desktop tidak dibuat cadangannya secara individual, tetapi pengguna disarankan bahwa akun pribadi mereka pada server berkas departemen mereka yang akan dibackup. Perintah rsync (dari paket dengan nama yang sama) digunakan sehari-hari untuk membuat cadangan server-server yang berbeda ini.
Ruang hard drive yang tersedia melarang pelaksanaan pembuatan cadangan harian yang lengkap. Dengan demikian, perintah rsync didahului oleh duplikasi konten cadangan sebelumnya dengan hard link, yang mencegah penggunaan terlalu banyak ruang hard drive. Proses rsync kemudian hanya menggantikan berkas yang telah diubah sejak terakhir dibuat cadangan. Dengan mekanisme ini sejumlah besar cadangan akan disimpan dalam ruang yang kecil. Karena semua cadangan seketika tersedia dan dapat diakses (misalnya, di berbagai direktori bersama pada jaringan), Anda dapat dengan cepat membuat perbandingan antara dua tanggal yang diberikan.
Mekanisme pembuatan cadangan ini mudah diimplementasikan dengan program dirvish. Menggunakan ruang penyimpanan cadangan ("bank" dalam kosa katanya) untuk menempatkan salinan set berkas cadangan yang diberi stempel waktu (set ini yang disebut "vault" dalam dokumentasi dirvish).
Konfigurasi utama ada di berkas /etc/dirvish/master.conf. Itu mendefinisikan lokasi ruang penyimpanan cadangan, daftar "vault" yang dikelola, dan nilai default bagi kedaluwarsa cadangan. Sisa konfigurasi terletak di berkas bank/vault/dirvish/default.conf dan berisi konfigurasi spesifik untuk set berkas yang terkait.

Contoh 9.3. Berkas /etc/dirvish/master.conf

bank:
    /backup
exclude:
    lost+found/
    core
    *~
Runall:
    root    22:00
expire-default: +15 days
expire-rule:
#   MIN HR    DOM MON       DOW  STRFTIME_FMT
    *   *     *   *         1    +3 months
    *   *     1-7 *         1    +1 year
    *   *     1-7 1,4,7,10  1
Pengaturan bank menunjukkan direktori di mana cadangan disimpan. Pengaturan exclude memungkinkan Anda untuk menunjukkan berkas (atau jenis berkas) yang dikecualikan dari cadangan. Runall adalah daftar set berkas yang akan dibuat cadangannya dengan sebuah stempel waktu untuk setiap set, yang memungkinkan Anda untuk menetapkan tanggal yang benar yang akan disalin, dalam kasus cadangan tidak dipicu pada tepat waktu yang ditetapkan. Anda harus menunjukkan waktu yang tepat sebelum waktu eksekusi yang sebenarnya (yang, secara default, 22:04 di Debian, menurut /etc/cron.d/dirvish). Akhirnya, pengaturan expire-default dan expire-rule menetapkan kebijakan kedaluwarsa untuk cadangan. Contoh di atas menyimpan selamanya cadangan yang dihasilkan pada hari Minggu pertama setiap kuartal, menghapus setelah satu tahun dari hari Minggu pertama setiap bulan, dan setelah 3 bulan dari hari Minggu lainnya. Cadangan harian lainnya disimpan selama 15 hari. Urutan aturan penting, Dirvish menggunakan aturan terakhir yang cocok, atau expire-default jika tidak ada expire-rule yang cocok.

Contoh 9.4. Berkas /backup/root/dirvish/default.conf

client: rivendell.falcot.com
tree: /
xdev: 1
index: gzip
image-default: %Y%m%d
exclude:
    /var/cache/apt/archives/*.deb
    /var/cache/man/**
    /tmp/**
    /var/tmp/**
    *.bak
Contoh di atas menyatakan set berkas yang akan dibuat cadangannya: ini adalah berkas-berkas pada mesin rivendell.falcot.com (untuk cadangan data lokal, cukup nyatakan nama dari mesin lokal seperti yang ditunjukkan oleh hostname), terutama yang ada di akar pohon (tree: /), kecuali yang tercantum dalam exclude. Cadangan akan terbatas pada isi dari satu sistem berkas (xdev: 1). Itu tidak akan menyertakan berkas dari titik kait lainnya. Suatu indeks dari berkas-berkas yang disimpan akan dihasilkan (index: gzip), dan image akan dinamai menurut tanggal saat ini (image-default: %Y%m%d).
Ada banyak pilihan yang tersedia, semua didokumentasikan di halaman manual dirvish.conf(5). Setelah berkas konfigurasi ini disiapkan, Anda mesti menginisialisasi setiap set berkas dengan perintah dirvish --vault vault--init. Selanjutnya dari sana eksekusi harian dirvish-runall akan secara otomatis membuat salinan cadangan baru setelah menghapus yang kedaluwarsa.

9.10.2. Memulihkan Mesin tanpa Cadangan

Desktop komputer, yang tidak di backup, akan sangat mudah untuk diinstal ulang dari DVD-ROM kustom yang disiapkan dengan Simple-CDD (lihat Bagian 12.3.3, “Simple-CDD: Solusi Semua-Jadi-Satu”). Karena ini melakukan instalasi dari awal, itu kehilangan kustomisasi apapun yang mungkin telah dibuat setelah instalasi awal. Ini tidak apa karena semua sistem terhubung ke direktori LDAP pusat untuk akun dan sebagian besar aplikasi desktop yang telah diprakonfigurasikan berkat dconf (lihat Bagian 13.3.1, “GNOME” untuk informasi lebih lanjut tentang ini).
Para administrator Falcot Corp menyadari batas kebijakan cadangan mereka. Karena mereka tidak bisa melindungi server cadangan serta tape di tempat yang aman yang tahan api, mereka telah terinstal di ruang yang terpisah sehingga bencana seperti kebakaran pada ruang server tidak akan menghancurkan backup bersama dengan segala sesuatu yang lain. Selain itu, mereka melakukan backup incremental pada DVD-ROM sekali per minggu — hanya berkas yang telah dimodifikasi sejak cadangan terakhir yang disertakan.